Launching P2MD, HIMKA Polbeng Tambah Wahana Perahu Kayak di Pantai Selat baru

    Launching P2MD, HIMKA Polbeng Tambah Wahana Perahu Kayak di Pantai Selat baru
    Launching P2MD, HIMKA Polbeng Tambah Wahana permainan Perahu Kayak di Pantai Selat baru

    BENGKALIS - Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan Politeknik Negeri Bengkalis  (HIMKA) sukses menjalankan Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD), Himka merupakan organisasi kemahasiswaan ( Ormawa) yang lulus mendapatkan sponsor atau dana dari Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (Dikti vokasi dan profesi) Kemendikbud.

    HIMKA mengajukan judul Dikti vokasi dan profesi  Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pantai dengan Mengembangkan Wisata Pantai Selat Baru.  

    P2MD menjadikan mahasiswa yang memiliki empati dan semangat membangun  desa sebagai implementasi kemampuan berfikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, keterampilan berkomunikasi, berjiwa kepemimpinan dan mampu berkolaborasi dalam pemberdayaan masyarakat desa di Era Industri 4.0 merupakan realisasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

    Program Pemberdayaan Masyarakat Desa ini juga terjalin kerjasama antara pihak UPT pariwisata Desa selat baru, BUMDES, RT/RW, Pokdarwis atau kelompok sadar wisata serta pemuda dan masyarakat setempat. Dengan program ini harapannya mampu merubah perekonomian didaerah pesisir selat baru, menghidupkan usaha usaha mikro, dan menjadi tempat pariwisata terkhusus di daerah Kabupaten Bengkalis Kecamatan Bantan.

    Launching dan Penyerahan Alat Pendukung Pengembangan Pantai Selat Baru oleh HIMKA kepada Masyarakat diserahkan oleh Nurhasanah.ST., MT selaku Pembina didampingi ketua pelaksana M. Sidik Al Amin dan  Rahayu Nendang selaku kepala Desa Pantai Selat Baru didampingi oleh kepala UPT dan BUMDES di Pantai Selat baru Bantan. Sabtu.(27/11).

    Pantai Selat Baru diambil sebagai tempat pemberdayaan masyarakat karena merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang memiliki beragam keunikan, baik yang bersifat alami maupun buatan manusia. 

    M Sidik Al Amin, Ketua Pelaksana mengatakan , " Pantai Selat baru  belum dikelola secara optimal dan profesional oleh pemerintah. Oleh sebab itu dengan program ini kami membuat kegiatan atau wahana baru yaitu Perahu Kayak yang memiliki daya saing  dengan produk produk wisata yang telah ada." kata Amin. Sabtu.(27/11).

     Ia berharap kegiatan wisata air di kawasan pantai Selat Baru diharapkan mampu membantu pariwisata di Kabupaten Bengkalis, " Ini merupakan salah satu alternatif usaha diversifikasi sehingga memperkaya ragam atau jenis kegiatan yang ditawarkan kepada wisatawan". Jelas M. Sidik Al Amin selaku Ketua pelaksana.

    Sementara itu Nur Halimah selaku Plh ketua umum  HIMKA mengatakan, " Selain perahu kayak, wahana lain juga kami berikan seperti pelampung, Spot foto dan miniatur kapal." terang Nur Halimah.

    Tambah Halimah, "Dengan program ini masyarakat bukan hanya dibekali bagaimana cara pembuatan nya namuan diberi cetakan khusus perahu kayak sehingga program ini nanti dapat berlanjut kedepannya dan saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras hingga terlaksana nya program ini." tandasnya(yulistar).

    Yulistar

    Yulistar

    Artikel Sebelumnya

    Tentukan Besaran UMK Bengkalis 2022, Rapat...

    Artikel Berikutnya

    Tak Puas Bagi Hasil, Ratusan Petani Plasma...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    PERS.CO.ID: Cara Baru Bermedia!
    Komplotan Oknum Koruptor di PWI Segera Dilaporkan ke APH, Wilson Lalengke Minta Hendry dan Sayid Dicekal
    Enam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Bakamla RI Diserahterimakan
    Markas Puspenerbad Terima Kunjungan Singkat Wakasad

    Ikuti Kami